DewiRakhma^Psy Weblog

February 10, 2008

LASKAR PELANGI–Must Read!!!

My Newest Indonesia’s Emotional Book

Dadaku masih berdebar-debar saat ini, saat menulis ini. Segala emosi masih terasa, sedih senang, gemes, sakit hati sama pemerintah, sama keadaan, bangga, campur aduk jadi satu. Dan buku ini benar-benar lengkap, semua. Kita benar2 diajak untuk menjadi anggota Laskar Pelangi, sebuah penggambaran yang mengesankan–Andrea Hirata. Kita akan mendapatkan pengalaman hidup. Lengkap banget, nilai-nilai persahabatan, pendidikan, penghormatan, tentang hidup. Disini kuasa Allah benar-benar berjalan, bagaimana awal dan akhir, sebab-akibat dari suatu perilaku. PN Timah yang dulunya sangat2 kaya, bergelimang harta beserta karyawan dan anak2 mereka, mereka menikmati segala fasilitas nomor 1 di dunia. Tapi, anak2 itu…mereka harus terseok2 untuk bisa mendapatkan ilmu di sekolah yang sangat2 sederhana. Tapi akhirnya Allah benar-benar adil–dan cocok juga ramalan si Mahar–PN Timah akhirnya bangkrut, hancur, habis, ada yang sampai gila karyawannya karena tidak bisa menerima kenyataan bahwa dia jatuh miskin, karena terbiasa hidup lux.

Lintang, oh..lintang my Enstain, knp endingnya begitu, knp orang tua Flo tidak membantu untuk bersekolah, itu yang saya sesali. Selalu saja ekonomi menjadi faktor penghambat kemajuan, kenapa…..sedangkan byk sekali orang2 di luar sana sekolah di tempat yang bagus, sampai ke luar negeri dengan biaya orang tua tapi cuma untuk alasan ga’ penting–bangga2an. Miris, sakit hati dengan kenyataan ini dan yang paling menyakitkan i can’t do anything, sesek banget…kita akan dibuat nangis, merenungi hidup, dan benar kata Kick Andy, sangat keterlaluan kalau kita tidak mensyukuri hidup. Bikin bangga menjadi anak Indonesia juga.

sangat layak novel ini mendapat penghargaan sebagai Most Indonesia’s powerful book. Novel berisi kisah hidup penulis yang berasal dari Belitong, Sumatera, dan teman-temannya 8 orang anggota Laskar Pelangi. Siapapun, apapun latar belakang anda wajib baca buku ini, kalau setelah baca tidak ada kesan apa-apa…patut dipertanyakan…..hati kita terbuat dari apa..dan saya yakin semua pasti terketuk hatinya to do something new in his/her life.

txs God.

14 Comments »

  1. I love u Lintang

    Comment by dewisang — February 10, 2008 @ 4:07 am

  2. belitong itu kalimantan atau sumatera ya? aku juga lupa…by the way promosi buku dapat prosentase gak? ….hehehehešŸ˜€

    Comment by Aji Dedi Mulawarman — February 11, 2008 @ 11:44 pm

  3. oh iya Sumatera Selatan…he…he..barusan buka kamus-nya

    Comment by dewisang — February 12, 2008 @ 6:27 am

  4. baru satu hebohnya bukan mainšŸ™‚ masih ada tiga lagi lo bu, semoga baca lanjutannya tar tidak mengikuti hukum gossen II. tetap semangat!!

    Comment by bpl — February 12, 2008 @ 10:40 am

  5. Dibalik hebatnya Laskar Pelangi tentu tidak terlepas oleh peran besar seorang guru sederhana dan bersemangat besar yaitu bu Muslimah. Ini adalah tokoh yang paling aku kagumi. Dia adalah seorang guru yang patut ditiru. Temen2 yang lain suruh baca ya.

    Comment by intiep — February 14, 2008 @ 4:23 am

  6. ok.sudah menyebar bu, amel, ana, b.cihoy….yang lain belum tertarik…katanya ga suka baca he…..he……padahal tinggal pinjem. seandainya di perpus ada novel-novel yang semacam itu pasti lebih keren bu….he..he..

    Comment by dewisang — February 14, 2008 @ 6:40 am

  7. Emang bener banget Bu D, buku itu wajib dibaca, untung aku punya temen kamu so bisa nebeng baca bukunya hehe… Aku sangat sedih ama nasib Lintang, kenapa ya orang sejenius dia harus berakhir seperti itu?? kenapa keadaan tidak memihak padanya?? Seandainya saja aku bisa bantu dia…..

    Comment by dirtymel — February 14, 2008 @ 6:41 am

  8. Bu D….. jangan lupa pinjemin aku buku-buku lanjutannya yach!!

    Comment by dirtymel — February 14, 2008 @ 6:43 am

  9. ok. doakan ak byk rejeki ya…oh iya kita perlu tulis juga buku Raditya Dika yang gelok itu sepertinya….

    Comment by dewisang — February 14, 2008 @ 6:45 am

  10. Ass.w.w. Salam kenal.
    A must read ya, Bu. Sang Pemimpi dan Edensor juga ga kalah bagus. Two tumbs up deh buat Ikal!!!!

    Comment by widya novita — February 19, 2008 @ 5:13 am

  11. Tapi sayang ya, kalo kemahsyuran novel ini dicemari oleh pembajak-pembajak yang licik…

    read this : http://prabuwardhana.wordpress.com/2008/02/28/awas-tetralogi-laskar-pelangi-bajakan/

    Comment by prabuwardhana — February 29, 2008 @ 5:51 pm

  12. iya..ya..pastinya ada apa-apa yang bagus kalo di Indonesia dah siap dengan bajakan, malah kalo musik belum launching album, bajakan dah ada di pasaran..wah kacau banget Indonesia.

    Comment by dewisang — March 1, 2008 @ 5:42 am

  13. Thanx kunjungan balasannya ya.
    wah,jd malu nih artikel lama ikut kebaca juga.
    Oh iya,thanx jg dah di add di blogrollnya.
    Sori nih jadi oot gara-gara bingung mw ngepost komen dimana.he.he.he.

    Comment by prabuwardhana — March 1, 2008 @ 7:22 am

  14. gawat ada org indonesia gak tau belitung, aku baca LP karena aku berasal dari pulau bangka, tetangganya belitung, penghasil utamanya timah juga, …tapi side efek dari LP, nyengir sendiri, segugukan sendiri, melotot sendiri…sekarang aku udah nyelesaiin sang pemimpi, sementara ini lagi saving untuk beli edensor…gila yah indonesia mau baca buku aja mesti puasa jajan…nabung… kencangkan ikat pinggang…sementara sebagian yang lain bisa buang2 uang untuk hal2 yang tak berguna, tapi aku masih untung bisa beli yang asli… kasian deh yang membajak atawa membeli bajakan…awas lho tar diberi penampakan oleh BODENGA,…

    Comment by nie — April 3, 2008 @ 2:19 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: