DewiRakhma^Psy Weblog

February 10, 2008

Narsis, Masokis, Obsesif…..apakah itu?

Filed under: Psychology — Tags: , , , , , , , , , , — dewisang @ 3:29 am

Di sekitar kita sedang in penggunaan istilah-istilah psikologi, seperti narsis, psikopat, masochist, klepto, hiperaktif, agresif, autis, dan banyak lagi. Apa sebenarnya itu? sebaiknya kita menggunakan istilah2 tersebut dengan tepat. Karena, istilah tersebut menunjukkan kondisi paling ekstrim dari normalitas–berada dalam wilayah Psikologi Abnormal, dimana diagnosisnya harus detail dan dilakukan oleh ahli. Kriteria abnormalitas dapat dilihat dan harus sesuai dengan DSM (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders). DSM merupakan dokumen/manual penggolongan gangguan perilaku yang diterbitkan oleh APA (American Psychiatric Association) yang selalu direvisi sesuai dengan perkembangan masyarakat.

Misalnya anak dikatakan hiperaktif jika semua perilaku anak menu jukkan simtom-simtom hiperaktif. Misalnya ada 15 simtom pada DSM , maka jika masih 5 atau 10 perilaku yang cocok, maka anak tersebut belum bisa dikatakan hiperaktif. Selain itu, ada tahap-tahap yang harus diikuti dalam menyelesaikan masalah (untuk hasil yang valid). Antara lain: Analisis data, sintesis, diagnosis, prognosis, treatmen, dan follow up–untuk mengevaluasi treatmen yang sudah diberikan.

Mengapa dan bagaimana abnormalitas terjadi? Tergantung dari pendekatan yang kita pakai, karena pendekatan menentukan treatment.

Contoh Kasus: Phobia. Menurut teori Kognitif bersumber dari cara berpikir, menurut Medis: ada gangguan di otak, Psikoanalisis: kecemasan, Behavioris: karena belajar dari lingkungan, Humanis: konsep diri, Teori Interpersonal: disebabkan social exchange. dst.

Daftar Istilah*

  • Narcissistic: termasuk dalam gangguan kepribadian (Personality Disorder). Mereka terpusat pada diri sendiri, diasyikkan oleh fantasi keberhasilan yang hebat dan sangat menuntut pengarahan dan perhatian dari orang lain. Sangat peka Hubungan interpersonal terganggu karena kurang empati. Mengambil keuntungan dari orang lain, dan merasa tidak berarti (harga dirinya rapuh). Menginginkan orang lain melakukan yang terbaik, tanpa keinginan untuk membalas kebaikan orang lain.
  • Masochistik, biasanya berhubungan dengan sadistik. Termasuk gangguan seksual (Sexual Disorder). Sadistik mengalami kepuasan seksual dengan menyiksa pasangannya dan masochistik puas dengan menjadi obyek yang disakiti.
  • Obsessive-Compulsive Disorder, termasuk dalam gangguan kecemasan (Anxiety Disorder). Obsesif biasanya diikuti oleh kompulsif.Obsesif: pikiran dan gambaran yang teguh/menetap dan mengganggu yang menjadi “sesuatu yang tidak diundang” atau datang secara tiba-tiba pada pikiran secara irasional dan tidak dapat dikendalikan oleh individu yang mengalaminya. Obsesi juga dapat berupa rasa ragu yang ekstrim, penundaan, dan ketidakmampuan mengambil keputusan. Bentuk Obsesif: O. Doubts, O. thinking, O. impuls, O. Fears, O. Images

    Kompulsif: impuls yang tidak dapat dicegah, mengulangi beberapa perilaku ritul lagi dan lagi. Perilaku obsesif-kompulsif: mencuci tangan berulang-ulang padahal tangan sudah bersih.

    Bentuk kompulsif: Yielding Comp., Controlling Comp.

  • buka juga missunita.wordpress.com–tentang narsis

*DSM IIIR

Supratiknya, A. 1995. Mengenal Perilaku Abnormal. Yogyakarta: Kanisius.

3 Comments »

  1. Ini postingan yang aku cari-cari …
    Ma kasih Wi …
    Sekarang sudah jelas nih …
    salam saya …

    Comment by nh18 — March 12, 2008 @ 2:17 am

  2. ok you’re welcome.semoga bermanfaat.

    Comment by dewi — March 21, 2008 @ 11:53 pm

  3. wah jadi mudeng neh! bisa jadi kalo ngrasa ganteng dewe bisa didiagnosis kena narsis ya?
    oh…aku kena narsis, piye ki mbak dewi?help me yo, pliss

    dewisang said,

    ya ga’ lah, klo ga’ ngrugiin orang lain ya ga’, buktinya masih sadar klo narsis berarti ya masih normal he..he..ngrasa cantik atau ganteng itu wajib, artinya bersyukur, tapi ga’ boleh sombong oke..

    Comment by emsaif — September 10, 2008 @ 2:19 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: