DewiRakhma^Psy Weblog

June 13, 2008

King of Beggar

Filed under: News — Tags: , , , , , , — dewisang @ 1:22 pm

Mempunyai 4 rumah, 2 sepeda motor, dan 1 mobil Honda CR-V keluaran 2004…hik hik..mobil impianku… Memulai “karir” sejak 1970 karena diajak orang tua dari Madura ke Surabaya karena di daerah asal kurang “menjanjikan”. Tahun 1990 karir mulai menanjak, dan sekarang penghasilan bisa 6-9 juta setiap bulan. Sekarang dia adalah seorang “manager” yang membawahi 54 karyawan. Apa pekerjaannya? bos pengemis, biasa dipanggil Cak To.

beita di koran kemarin neh (JP, Kamis, 22 Juni), gw pas baca ketawa. ternyata serius bener “mendidik” calon karyawan baru. Ada training segala, mulai cara berpakaian, ekspresi wajah, hingga cara menghadapi bentakan. Jam kerja jam 7 pagi-6 sore, lokasi juga diatur. Si A ke perum ini, si ini ke Perum ini. Sistematis deh. Dulu sih ak masih cuma denger2, tapi emang bener ternyata. makin males aj ngasih. Selama ini aku sih emnag pilih-pilih klo ngasih. Pengamen juga. Klo yang  ngamen ke rumah biasanya dikasih, tp klo anak2 yg dandanannya dah “aneh” males, ga’ respek. Biasanya pas makakn bakso mereka dateng dengan dandanan ala PUNK dan lirik lagunya asal banget. Wis ga’ respek, biar berdiri ampe 1 jam disamping gw juga ga’ bakal gw kasih. yang ada tak tinggal ngobrol aja.

belum lagi anak-anak dan ibu2 yang sambil nggendong anaknya, AH…. rekayasa banget. Biar aja dibilang pelit. Mereka ini biasanya dari rumah pake baju bagus, sampe lokasi baru ganti compang-camping, pernah aku liat yang begini pas di deket kampus dulu. jadi inget pas ak naik bis ke Sby dulu pernah ada 2 anak perempuan kirakira umur 7 dan 5, yg 7 taun yang bawa kantong uang yang 5 yang bawa “ecek-ecek” dan nyanyi sealigus bajunya sudah “seksi”. Kebetulan ma temen2 kampus, jadi dianalisis deh. Aduh dikasih ga’ ya…kasian…tapi klo dikasi sama aja kita ngasih Reinforcement positif, sama aja kita mendukung dan turut “menyuburkan” proyek “beginian”.

Klo Cak To ini pantang mempekerjakan anak kecil, yang direkrut juga bukan sembarang orang, katanya masih punya hubunngan darah, dan tujuannya adalah untuk menolong agar saudaranya bisa hidup lebih baik. Nah, kalo sudah begini jadi abu-abu deh, niatnya baik tapi….tahun 2010 bapak ini juga berencana naik haji…haduh gimana hukumnya ya…dia sadar klo pekerjaannya psti jadi cemoohan, tapi dia ga’ peduli karena katanya “halal” emang iya ya??? bagaimana menurut anda, halal/gmn?

Lain lagi Kalo di Eropa, pengemis sangat kreatif Lho…klo ini kan bikin orang seneng, ada seni, bisa meng-entertain. Ada yg pke baju putri, ada yg kaya’ pantomim.pasti byk orang yg ngasih, karena ada usaha berat. Sayang sekali dah ak download tp ga’ bisa ditampilin…

6 Comments »

  1. hmm.. setahuku.. mereka yang “kreatif” spt diatas utk eropa itu sebenernya bukan murni pengemis.. kalo yang murni pengemis ya hampir sama dengan yang disini.. bergelandang ria sana sini dan malah ada yang tanpa tempat tinggal… cmiiw..🙂

    dewisang,
    yah..baguslah klo mereka bukan pengemis, minimal mereka masih mau usaha, bukan cuma menengadahkakn tangan…

    Comment by yainal — June 15, 2008 @ 4:06 pm

  2. Klo mnurutku sich ya haram n hajinya sia2 krn bayarnya dari uang hasil nipu, tul nggak ? meski miskin dlm Islam tak diajarkan tuk meminta, klo toh terpaksa hnya skedar memenuhi kbutuhan pokok sesaat tp tak seterusnya, tp qta harus bantu do’a mga aja orng2 sperti itu sgra dapat hidayah sebelum keretanya datang.

    dewisang,
    Amiin…semoga, tp bikin ketagihan ne, mereka ga’ nrasain susahnya cari uang, tinggal duduk dapat setoran, makin males deh. Kita aja jgn kasih reinforcement positif, cuekin aja. mending abntu yg bener2 ngebutuhin.

    Comment by riva007 — June 15, 2008 @ 4:24 pm

  3. nah itu dia… bedanya sama di kita kalo ngemis benar benar menadahkan tangan dan keliling begitu aja, kalo di luar kan paling ga dengan cara yang lebih masuk akal dan memang pantas buat dikasih duit!

    heum…

    semoga Cak To sadar ajah deh… apapun yang seharusnya disadari…

    dewisang,
    sepakat..

    Comment by natazya — June 15, 2008 @ 4:33 pm

  4. banyak lo..cak to-cak to yang lain apalagi di jakarta..wis..ini sudah jadi mafia..sampe ada penyewaan bayi segala unt “aksesori” ngemis..peningkatan gepeng (gelandangan dan pengemis) ini biasanya pas idul fitri atao idul adha..nah ini ada koordinatornya yo kayak cak to itu..nah kalo niat naik haji.. niat yang baik mbok yao dari sumber yang baik biar mabrur perumpamaannya punya hp nokia ya di charge nya dengan charger nokia mana bisa dengan charger samsung pasti tertolak

    adekmu,
    memang Jakarta dijadikan lahan komersil utk orang2 macam begini. Kota besar, penghasilannya byk, makin byk orang kaya, makin byk yg kasih. mungkin begitu mikrnya. Jadi berlomba2 pergi dari kampung halaman mengais nafkah di kota, ntar lebaran pulang kampung bawa mobil, bilangnya kerja di perusahaan ternyata??? halal itu maksudnya dia selama ga’ nyuri kali ya….salah informasi rupanya, karena kurang baca dan kurnag tanya dan kurang informasi, dan atau karena ga’ mau nyari info, merasa sudah cukup ya…

    Comment by djalal — June 16, 2008 @ 10:39 am

  5. aku yang sebel kalau lihat orang yang pura-pura jadi timpang, padahal kakinya dilipat dalam celana…duuuh yang bener aja dong. Belum lagi dia duduk dipinggir jalan yang hampir ke tengah …ngeri deh takut kelindes

    dewisang,
    ya mbk, sekarang lagi musim tuh. Ada lagi yg bikin sebel, dulu waktu kul ada pengamen tetap yg muter dari fakultas ke fakultas, cuma berbekal uang receh, crek..crek..crek..minta duit….maksa lagi, sambil mukanya cuek, ga ada senyum, dan maksa. apaan tuh, cuekin aja. Ternyata pas ketemu temen kampus lain, eh..tuh orang sampe sana juga. Dan belajanya ternyata di minimarket, males ke warung kali ya…

    Comment by Ikkyu_san — June 17, 2008 @ 8:35 am

  6. HUkumnya Haram mbak .. Meminta-minta dibolehkan hingga dia sudah sampai taraf bisa mencari makan sendiri alias sudah bisa berusaha sendiri … kalo untuk memperkaya diri jelas haram ..

    penjelasan dan dalil secara detil kunjungi aja blog saya ..🙂

    http://www.deconlabel.com

    dewisang,
    ok deh nanti saya mampir

    Comment by tintin — June 19, 2008 @ 2:11 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: