DewiRakhma^Psy Weblog

August 11, 2008

Education mean…….

 Pendidikan itu penting. kuliah itu harus. Bukan cuma utk urusan praktis nyari duit lho ya…aku bukan orang yg suka itung2an masalah materi, kecuali utk calon suami lho ya….he..he….karena klo cuma urusan duit, orang ga’ sekolah-pun bisa kaya raya melebihi yang S-2, S-1. Sama sekali bukan duit, tapi pendidikan bisa membentuk karakter seseorang. Dari pengalaman pendidikan SD, SMP, SMA, kuliah, begitu banyak peristiwa, berbagai masalah antar manusia yg ga’ ada di mata pelajaran sekolah. Bagaimana kita menghadapi bermacam2 manusia, dan itu sepertinya hal penting yg paling berguna saat kita dah terjun di masyarakat, keluar dari “penjara” sekolah, dan memasuki hidup yg sebenarnya. Sukses ga’ kita bawa ilmu yg sudah kita tempuh selama belasan tahun utk orang lain, keluarga, tetangga, teman, dsb.Saran untuk orang tua, dan calon orang tua (kaya aku) biarkan anak2 mengikuti kegiatan ekskul, pulang malem ato ampe ga’ pulang karena ngurusin organisasi, mungkin juga telat lulus (asal ga’ sampek DO, tenang aja). Lulus, nilai A, 100, juara 1,  itu bukan yg terpenting, sekali lagi sekolah bukan utk nyari nilai, klo cuma nilai gampang, ijazah beli bisa, dosen, guru bisa disogok. Yg terpenting adalah kompleksitas masalah yg bisa membuat kita jadi lebih dewasa.

 Dulu, aku masih bisa mikir, klo dasarnya orang baik ga’ sekolah tinggi2 juga mungkin baik. Tapi, kenyataan membuktikan ada hubungan positif antara tingkat pendidikan dengan cara berpikir (bisa jadi judul penelitian nih), dengan emosi, kualitas mental mental, akhirnya kualitas diri.

First, Dari yg paling observable, penampilan. Lebih enak dilihat. Bagiku, penampilan mencerminkan bagaimana kita menghargai diri sendiri. Bukan utk orang lain, ada kepuasan disana, klopun ada orang yg suka ya syukur, ga’ juga gpp.  Klo aku berbuat sesuatu pertama kali utk kenyamanan diri, bukan utk orang lain. Terserah orang lain mo suka apa ga’ yg penting gw enjoy dulu. Termasuk baju, ak termasuk orang yg mikir besok aku pake apa ya…..mulai dari atas ampe bawah. Kadang ampe ga’ bisa tidur. Apapun itu, kerja, jalan, kondangan, ak memilih utk ga’ pergi daripada ga’ punya baju. Untung sekarang dah pke jilbab jadi ga’ bingung ma rambut. Dulu, waduh, klo perlu nyalon dulu.

Second, perilaku. Bagaimana menghadapi tugas, tanggungjawab, manajemen konflik, kerja sama, dan keterbukaan diri (masukan, kritik, saran). Termasuk kakakku, dia tipe orang yang dulu ga’ suka ikut organisasi, ga’ ada gunanya katanya, mending kuliah, lulus, kerja. Jadinya, dia jadi orang yang kaku banget, ga’ bisa negoisasi. Klo keluar sama aku, yang “maju” aku, dia nunggu. Ak yg negosiasi, ak yg inisitaif. Klo di rumah di kamar aja, pernah diundang sodara, dia ga’ tau rumahnya, padahal di depan rumah. Belum lagi cara berfikirnya, logikanya cenderung terbalik. Susah neh diajak ngobrol macem begini. Apa karena orang teknik ya…Tapi, klo ke orang baik sih.

4 Comments »

  1. lam kenal dewi.ipul tergelitik berkomen disini.masih ada sambungannya ne?blm kelar ttg educationnya ya.berat jg jd calon suami dewi ne.brp gajiku,brp rmahku,brp tabunganku,brp mobilku.fuihh ipul cm punya cinta,cm bisa belikan baju tdk bermerk,kasian ya.

    dewisang said,
    haduh2..kok nyimpulin gitu…ga’ lah…ga’ segitunya..emang aku siapa…tp ya emnag sebelum serius harus tau-lah orangnya kya apa…ok…buat seumur hidup kan…cinta??ak kok udah agak ragu ma yg namanya cinta, emang harus..kynya ga’ terlalu penting….ntar juga tumbuh sendiri

    Comment by Syaifulloh — August 12, 2008 @ 12:07 am

  2. Wah. Setuju…setuju….!
    Dulu sempet mikir nilai di Sekolah harus bagus. Tapi sekarang mah yg penting di mata kuliah/pelajaran yg emang disukai aja yg harus bagus (ya iya dong).
    Jadi inget dorama Great Teacher Onizuka. Katanya, kalau pengen pinter mah ga usah sekolah, tapi kursus aja sendiri di rumah, sewa profesor buat ngajarin. Begitu kira2.
    Exkul dan organisasi, wajib diikuti! Biar gaul.

    dewisang said,
    bagus klo bisa, tp organisasi juga harus jalan, main ma temen tetep, kumpul2, cangkruk itu penting, betul biar gaul…oleh2 backpacking apa neh…yg abis around Asia Tenggara

    Comment by Mang Kumlod — August 12, 2008 @ 2:33 am

  3. yup,nilai itu perlu,tapi bukan yang terpenting. semua berawal dari pendidikan di rumah melalui orang tua. kalo lingkungan baik, cara berpikir anak jadi baik, prestasi di skul mah ngikutin. tapi kalo kebalikannya, ya gitu deh hasilnya…😉

    dewisang said,
    yup sepakat

    Comment by mojosari.net — August 12, 2008 @ 1:29 pm

  4. assalaamu’alaikum wr. wb.

    senang menemukan blog ini, semoga barokah menyertai kita semua, demi danuntuk pendidikan kita dan bangsa. amien…19x.

    wassalaamu’alaikum wr. wb.

    dewisang said,
    waalaikumsalam wr.wb

    waduh jadi malu, blog ini ga’a da apa2nya dibandingin punya anda, pakar fisika?? waow bikin merinding, aku ngeri banget ma Fisika, dulu padahal IPA SMA-nya, tp te2p ngeri. Maaf tulisan sekarang byk curhatnya, klo misalnya smepet liat di arsip ya Pak…makasi byk kunjungannya, AMiiin, semoga pendiidkan di Indo semakin mantap.

    waalaikum salam wr.wb

    Comment by pakarfisika — August 14, 2008 @ 7:21 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: