DewiRakhma^Psy Weblog

September 14, 2008

Nikmatnya Ramadhan

Filed under: Religi — Tags: , — dewisang @ 6:01 am

Alloh menciptakan bulan Ramadhan karena kasih-Nya kepada umat manusia. Alam menyambut kedatangnnya dengan suka cita, dan menangis ketika ditinggalkan. Ibadah terasa begitu ringan, kenapa ya..apa karena setan dibelenggu di bulan suci ini? Sholat 5 waktu plus sholat rowatib, sholat tahajud, dhuha, mengaji, semua terasa ni’mat. Kaki ini sungguh ringan untuk melangkah sholat taraweh. Tapi, di tahun ini sudah 2 kali aku absen taraweh. Tepatnya di hari ke 4, saat itu kondisiku ngedrop, flu berat, daya tahan tubuh dah ga’ kuat kali. Aku berdoa terus biar diberi sehat, dan Alhamdulillah hari berikutnya lapar tidak terasa, pusing tidak ada, aktivitaspun lancar. Padahal di hari 1-4 badan ini seperti tidak kuat untuk puasa. Dhuhur mulai lemes dan puncaknya jam 4-an, badan dah dingin, gemetar, pusing, aku pake berbaring aja, dan ALhamdulillah sampai juga di adzan magrib. Hari ke-2 juga gitu, ke-3 mulai flu, ke-4 flu makin parah, ke-5 ingus mampet, flu telah pergi dariku. Tubuhku sedang penyesuaian kali ya…waktu makan kan tidak seperti biasa, jadi organ ini melakukan adjustmen. dikala sudah terbiasa, tubuh jadi enak. Nah, saat ga’ puasa telah datang, jatahnya 7 hari, jam makan berubah lagi, dari jam 3 jadi jam 6 kaya dulu, tapi tetep 2 kali sehari, perut kok jadi perih ya…padahal klo puasa malah gpp, karena ga’ niat puasa kali ya…semoga pas puasa lagi badan ini sudah tidak rewel lagi. Semua ku pasrahkan sama Alloh aja deh, toh badan ini yang memiliki adalah Dia, puasa juga dari Dia.

kegiatan rumahan juga makin banyak, nyuci baju sendiri, nyuci piring yang bejibun. orangnya cuma 4 tapi abis buka numpuk 20 piring..how come…but i love to do that..lagi suka nyuci.  Abis taraweh masih nyempetin setrika yang telah bertumpuk karena klo ditunda bakal makin numpuk, artinya menyiksa diri sendiri. Klo mau bantuin di dapur nyiapin takjil. Menu wajib bapak adalah tahu, tahu petis, plus es degan. Tiap hari beli degan, terus dikerok sendiri, dikasi gula dan dimasukin kulkas. Belum lagi bikin jus. Dan ALhamdulillah sekali aku sudah bisa makan makanan aneh2 itu. Badan ini sudah mau diajak kompromi untuk minum es, makan (agak) pedes, asem, santen, petis. Tapi, Inget lho Dewi jangan kelewatan, atau mending ga’ usah! pernah sih, mungkin karena terlalu pedes, dibiarin ga’ sembuh, ya udah minum obat deh.

Beri aku kesehatan ya Alloh biar bisa melakukan banyak hal untuk orang lain
beri aku rejeki yang banyak ya Alloh biar terus bisa berbagi
jagalah hati ini agar selalu bersih, jauh dari penyakit
dekatkanlah jodohku ya Alloh

4 Comments »

  1. wOw, ternyata dgn datangnya Ramadhan jadi bikin Bu Guru makin rajin aja, rajin nyiapin buka puasa, nyuci baju, ampe strika sgala, klo gtu klo skedar strika aj boleh donk nitip ? klo ce strika kan lebih rapi, hitung2 jga nambahin pundi2 amal mumpung Ramadhan sambil blajar jd istri yg baek (he. hee.. hee..)

    Mga aja sgla keinginanmu didengar oleh-NYA, ama mo nitip pesen, berusahalah berikan yang terbaik u/ ALLAH dan Rasul-NYA, pasti DIA kan berikan sesuatu yg lebih baik dr yg kita sangka, dan bila mencintai seseorang ato membencinya, cintai ato bencilah krn ALLAH krn itulah jalan menemukan cinta sejati yakni cinta yg tak mengenal patah hati, dan bila suatu saat hatimu luluh krn perhatian seorang, sebenarnya bukanlah dari besarnya perhatian dan pemberiaan yg ia berikan kepadamu, akan tetapi hatimu memang mencintainya, krn setiap cinta yang hadir dalam hati setiap insan berasal dari ketetapan TUHAN bukan karena pamrih manusia.

    Kunci keberhasilan & kebahagiaan hidup adalah :
    Istiqomah, Sabar dan Ikhlas

    “YA ALLAH sehatkanlah selalu, bimbinglah meniti jalan lurusmu, mudahkan segala urusannya dan berikanlah jodoh yg terbaik u/ Bidadari nan Hebat ni, Amiin 1.000.000 …… x”

    Comment by riva — September 17, 2008 @ 5:11 pm

  2. […] Nikmatnya Ramadhan Alloh menciptakan bulan Ramadhan karena kasih-Nya kepada umat manusia. Alam menyambut kedatangnnya dengan suka cita, dan menangis ketika ditinggalkan. Ibadah terasa begitu ringan, kenapa ya..apa karena setan dibelenggu di bulan suci ini? Sholat 5 waktu plus sholat rowatib, sholat tahajud, dhuha, mengaji, semua terasa ni’mat. Kaki ini sungguh ringan untuk melangkah sholat taraweh. Tapi, di tahun […] […]

    Pingback by PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT — September 19, 2008 @ 10:29 am

  3. amin…

    saya pernah mendapatkan informasi dari sebuah acara di radio tentang fungsi niat dalam ibadah puasa dari sisi medis. Walaupun ini tentang puasa, namun hakikatnya bisa diimplementasikan untuk ibadah lainnya.

    Kalau kita tidak berniat melakukan puasa esok hari, maka otak akan memerintahkan lambung memproduksi asam lambung seperti biasa. Jadi, ketika diketahui isi lambung kosong, maka kita akan merasa sakit, karena asam lambung berlebih.

    Namun, jika malam sebelumnya kita sudah berniat untuk puasa, maka otak akan memberi perintah pada lambung untuk menghasilkan asam lambung sedikit saja, karena lambung akan kosong disebabkan kita berpuasa. Dengan demikian puasa tidak menyebabkan kita sakit perut (maag). Subhânallâh.

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com

    dewisang said,
    subhanalloh, terima kasih atas infonya, bermanfaat sekali. Memang appaun yg telah diperintahkan alloh pasti membawa manfaat buat manusia, cuma kadang manusia yg sombong, menganggap perintah2 tsb tidak masuk akal, ini karena mereka adalah penganut paham hedonis, segala sesuatu diuur dari sesuatu yg terlihat, enak atau ga’ enak, untung atau ga’ utk diirnya, klo ga’ untung ya ga’ baik dan ga’ dikerjain. Klo menurutku, bukan ga’ masuk akal, cum akal manusia aja yg ga’ sampe kesana. Seperti sholat, unutk orang2 yg ga’ percaya/meng-imani ya merasa ga’ ada gunanya, useless, tp klo dikaji lebih jauh, secara medis ada pasti bagus utk kesehatan, itu yg ada gerakannya. Yg ga’ ada apa2nya, cuma niat tyt memperngaruhi otak sehingga asam lambung juga dipengaruhi, waow…Allohu AKbar. ini yg membuat perut tdk perh tyt ya…karena sudah niat, betul sekali. KLo puasa untuk bayar utang, haduuh beratnya, belum lagi kerasa perih, berarti kurang niat kali ya…semoga nanti niatnya bener2 deh, biar bisa nyaur utang

    Comment by faisol — September 22, 2008 @ 8:53 am

  4. […] Comment on Nikmatnya Ramadhan by PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT […] Nikmatnya Ramadhan Alloh menciptakan bulan Ramadhan karena kasih-Nya kepada umat manusia. Alam menyambut kedatangnnya dengan suka cita, dan menangis ketika ditinggalkan. Ibadah terasa begitu ringan, kenapa ya..apa karena setan dibelenggu di bulan suci ini? Sholat 5 waktu plus sholat rowatib, sholat tahajud, dhuha, mengaji, semua terasa ni mat. Kaki ini sungguh ringan untuk melangkah sholat taraweh. Tapi, di tahun […] […] […]

    Pingback by PENDIDIKAN SETARA ALIYAH PENDIDIKAN SETARA IBTIDAIYAH PENDIDIKAN SETARA TSANAWIYAH - Comment on Laskar Pelangi The Movie by Lucky — September 29, 2008 @ 4:18 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: