DewiRakhma^Psy Weblog

October 22, 2008

New Class, New Energy

Filed under: experience, pendidikan — Tags: — dewisang @ 2:35 pm

mulai minggu ini aku mengajar SD juga, satu tempat ma KB, TK. KLo ditanya orang “guru apa”, nambah sekarang, guru KB, TK, SD. Awal tahun sebenarnya aku ditempatkan di TK B, tapi karena guru KB waktu itu dirasa ga’ ngatasi, musridnya makin banyak, ada 16, usia 3 tahun yg masih susah-susahnya. Awalnya, KB pulang jam 10, jadi aku langsung naik (Lt.2) ikut ngajar B. Tp, ternyata tugasku makin byk di Kb, jadi aku ga’ ngatasi yah aku pilih fokus di KB. Tp, tiap harinya, kadang aku di TK A, TK B, pokoknya dimana ada guru yang ga’ masuk, maka disitulah aku berada. Sampai ada tawaran dari atasan, klo aku diminta magang di SD 3 bulan, kesananya, setelah anak2 KB, TK, pulang, sekitar jam10-10.30 ke SD, bantu disana sampai jam 12.00. 3 bulan lagi, mungkin aku full di SD, mungkn juga full di TK. serahkan padaku dan alam…(kata Mahar gitu he..he..).

Gmn di SD? wow….wow….. klo kita ga’ bener2 ngerti klo itu anak2, klo kita sampai nuruti, apa yg anak2 lakukan dimasukan hati, pasti, pasti suara habis, pusing tingkat tinggi, akhirnya sakit karena STRESS. Tp klo kita mengerti benar, sabar, toleransi penuh, pemahaman tingkat tinggi, ga’ mikirin klo guru mesti dihormati, kita bakal tetep “dingin” dan seru malah. Hari 1, 2, 3 aku sempet kepancing emosi, dan marah2. Tapi, ke-4 dan sekarang aku bisa menguasai diri.

Dengan pemahaman bahwa anak2 itu ga’ bisa dikeras, percuma  kita marah2, yg sakit akhirnya kita sendiri, tujuanpun ga’ tercapai. Jadi, mending, pelan2 kita pahami anak2, kita cari sumber masalahnya. yang pertama, pokoknya tenang, tenang, tenang. Calm, cool, Dipelajari latar belakang keluarganya, kebiasaan di rumah, dan perilaku sebelum kelas 2. Ya ampun,  kasian  wali kelasnya. Muridnya 22, 1 guru, bisa aja sebenrnya 1 guru, cuma 22 ini, tp dengan kondisi anak2 yg kelebihan gizi seperti di skulku, kaya’nya butuh 1 lagi, dan memang berlaku kebijakan seperti itu, cuma karena gurunya pergi, jd kosong dan aku adalah penggantinya, tp cuma mulai jam 10, kasian ya….tp, aku kasi tau, udahlah dibuat santai aja, ga’ usah teriak2, percuma, sampean yg sakit, ya fisik ya psikis, tadi aja, temenku itu sakit, suara ga’ ada. Aku lagi belajar lagi, nyari formula yang tepat. Di TK

Hari I, Wafdan namanya, aku masuk, dia main bola di kelas, ngajak temennya, ikutlah. kaya’ di lapangan gitu, brak, brok, brak, brok. disuruh naruh ga’ mau, disuruh main di luar ga’ mau. Bola aku mabil, direbut sama dia. Akhirnya aku bentak, dia taruh tapi dengan dilempar, dan marah2. Ryan, lucu anaknya, cakep, tapi Masya Alloh, badungnya. Sukanya ngumpet di bawah meja, dan mlungker di loker.lucu kan…dia juga baca, tulis ga’ bisa, mestinya pelajaran ga’ sama, karena jelas ga’ bisa ngikutin. Tp, klo dikasi tau, jawabannya emoh…ga’ mau….mas ayo berdoa, nanti ga’ pulang lo, jawabnya. biarin aku emang ga’ mau pulang. Ya udah, nginep sini aja ya…dia bilang gitu sambil mlungker di loker. Lucu pokoknya. terus dia keluar, tapi mainan penghapus, sambil aku tanya2, mas klo di rumah main apa, belajar ga’, ……dia tutup telinga saudara2….dia keluar, beberapa saat dia masuk sambil teriak, aku mau ke MATOS….rupanya sopirnya dah jemput. berahirlah hari pertama.

Hari ke2, Ryan aku privat, aku tungguin, Wafdan, ngambil pensil Ryan, trus ke jendela dan bilang “tak buang ya”…aku pikir cuma godain. Ternyata betulan, pensil dijatuhkan dari lantai 2 dan jatuh ke tanah. Si Ryan disuruh ambil, dan Ryan lari ke bawah. Ryan nulis lagi dan pensil diambil lagi dan dijatuhkan lagi, disuruh ambil lagi, tp ga’ aku bolehin, aku bilang “biarin mas, pensil yg lain aja, nanti Bu Dewi pinjamin”. Alhamdulillah, aku ga’ marah2, ak tarik nafas dalam2, tenang2. Tapi, klo mau pulang waow….dia pinter banget, sholat, berdoa bagus, terus diam, ya udah pulang. Tapi, aku suruh dia ambil pensilnya dan harus kasih ke Ryan. Eh, tyt dia pulang sodara2, tp, untung antar jemput belum berangkat, temenku tak suruh ke bawah,  dia ada di dlam mobil dan keluar dan ngambil pensil, kebetulan Ryan dah turun, jadi dikasih Ryan langsung. Tau knp? karena disana ada Kepala Sekolah, dan dia takut setengah mati sama Kep.Sek-ku.

Hari ke-3, tadi. Wafdan bikin nangis temennya,  Masih berisi. terus ku bilang, yg ramai, yang ganggu teman, ikut Bu Dewi, kita belajar di R. Kep. Sek, dia langsung kembali ke tempat duduk dan mau mengerjakan dengan senang hati, meski sambil guyon. Lama banget, tapi gpp, aku ada di deket mereka, mereka guyon, gpp lah, biar aja, asal ga’ ganggu temennya.

Seru sih tapi, 22 anak dengan 2 karakter. ada yg ga’ ngaruh meski etemn2nya ramai dia enjoy belajar, selesai, dikumpul, kembali ke meja, dan baca, waow..tipe murid idaman. Seru, seru, aku suka observasi lagi, keren aja liat macem2 anak2 ciptaan Tuhan ini dan bikin tertantang uat menaklukkan mereka. SEMANGAT…..dan yang pasti bikin aku jadi baca lagi, bikin mikir, jadinya makin pinter…….ga’ betah ketemu anak2 seru ini lagi….aku yakin mereka ini menyimpan kemampuan yg luar biasa, sesuai dengan blue print mereka. yg tidak bisa dipaksa, biarkan mereka mencari kebenaran dengan alami, menemukan diri mereka, aku ingin kelasku tidak mendidik anak2 menjadi robot, tapi mendidik mereka menjadi pemimpin, bukan follower, karena setiap orang adalah pemimpi. aku merasa hari berjalan dengan cepat, tiba2 habis, tiba2 pulang, tiba2 besok dah Kamis, Jumat, sabtu..abis….seru kumpul sama mereka…..i love u guys……..

10 Comments »

  1. Whoa seru ya… Btw si Wafdan itu emang aktif ya orangnya, kalau ga sabar bikin gurunya sakit…🙂 Keaktifannya harus diarahkan untuk belajar ya… Susah emang… Yg pendiem juga bukan berarti anak yg baik kan, Bu Guru?

    Jadi merasakan nih gimana suka dukanya seorang Guru. Meskipun mamah , bapa, teteh, Aa, Bibi, Om banyak yang jadi Guru, tapi ga pernah cerita kayak gini, mungkin mereka udah lama jadi guru jadi udah pada ahli…

    dewisang buat Mang Kumlod,
    Agresif si wafdan, suka mukul temen, tapi pinter kok, dan semua pasti pinter, di bidangnya masing2. kayanya si karena ditinggal ayahnya….
    iya diem jga ga’ bagus, tp yah dipahami aja, klo ngadepin anak diem, biasanya aku ajak ngobrol aja terus…mereka2 ini butuh kenyamanan aja, klo kita bisa bikin nyaman, pasti byk ngobrol.
    wow, keluarga guru….aku pengen belajar, tanyain dong Mang sama tante, biasanya diapain anak2 seperti ini….

    Comment by Mang Kumlod — October 23, 2008 @ 1:12 am

  2. Assalamualaikum🙂

    wah dari malang juga ya🙂

    ngajar di Bani Hasyim singosari?

    saya tinggal di lawang🙂

    makasih hmcahyo.wordpress.com di link…

    btw – gabung ini yuk http://cantigi.wordpress.com/ibsn

    dewisang said,
    waalaikumsalam.
    ha…..Lawang??rumahku juga di lawang.ada imel Pak…oke saya pengen gabung, cuma saya males buka2, pengen semua yg ada di Pak hm Cahro yg di smaping2 itu, tp ga’ tau caranya

    Comment by heri — October 23, 2008 @ 4:36 am

  3. tuh aku udah pasangin yang IBSN dewi…. yang go green besok ya
    aku lagi sakit kepala nih….
    BTW kalo bisa kirim no HP kamu dong ke email aku
    and selamat pacaran…bikin orang iri aja ahhahahha
    good luck ya
    your sister
    EM

    dewisang to my sist,
    oke , makasih byk…pusing knp Mbk, jangan sakit ya…aku kririm di chat deh
    doain ya Mbk….ntar aku nikha dateng ga’ neh….doain ya Mbk semua lancar

    Comment by Ikkyu_san — October 23, 2008 @ 3:39 pm

  4. udah aku benerin juga tuh jam nya hihihi
    baru peratiin aku jam kamu ngaco harus set di UTC+7

    Comment by Ikkyu_san — October 23, 2008 @ 10:41 pm

  5. saya di tawang sari komplek belakang komplek CPM🙂 alamat saya bisa di googling di http://hmcahyo.wordpress.com –> biasanya saya tampilkan di powerpoint kalo saya ngisi pelatihan🙂

    dewisang,
    oh ya..tinggal nyebrang rumah saya tuh Pak…

    Comment by hmcahyo — October 24, 2008 @ 9:57 am

  6. kalo tutorial wordpress bisa dilihat di http://afatih.wordpress.com atau http ://tutorial.wordpress.com

    dewisang said,
    oke Pak, makasi byk. saya orangnya males bgt otak-atik, klo langsung diajarin mau…tp klo baca dulu…haduh..males…sukanya posting aja, yg oatk-atik MBk Imel…he……..

    Comment by hmcahyo — October 24, 2008 @ 9:59 am

  7. sudah ngejabanin polah anak kecil kb tk sampe sd. Tidak semua bisa merasakan bu, interesting banget. Ntar nikah Trus punya junior, sip dah, jurus mendidiknya dah mantab, lanjuuut.. Hidup itu indah dengan berbagi,so,bagi ilmu didiknya ya bu, wassalam.

    dewisang buat fahra IBSN,
    yup….dah ngebet neh, sabar..sabar…ntar tinggal praktek ke anak sendiri, bisa ga’ sesabar ma anak orang..ato jangan2 anakku nanti tak gemesin terus, dicubitin ampe abis…but any way..i love my live. makasi ya…
    salam kenal juga.

    Comment by fahraIBSN — October 25, 2008 @ 10:20 am

  8. Haa..akhrnya ktm jg ma wafdan n ryan yg imut.tp lom ktm ma mafri,alvi,qelvin,fahmi soleh,aldin,rafil,hasyim,ilham sweety kn?
    Kangen bgt lht keunikan mrk yg kdg bwt perut sakit menahan tawa n pusing nahan marah..tp bnr blm tentu qt nemuin keindahan spt it di t4 laen.so nikmati aj!!
    Wow kpn neh merriednya?

    Comment by ghostyoen — November 2, 2008 @ 3:44 pm

  9. Selamat kambali mengajar bu guru makin seru..makin pinter

    dewisang,
    okehhhhhhh….ya ALloh beri aku kesabaran, maafkan AKu ya Alloh, tadi lepas kontrol, aku marahin anak2……ya ampun, di kelas ribuuuuuuuuut. anak2….jangan keterlaluan ya….

    Comment by djalal — November 6, 2008 @ 8:42 pm

  10. boleh maen ke skul bu? saya ngerti kalau bani hasyim,dkt kuburan n pabrik kan?

    dewisang,
    boleh aja bu’….hayu’…aku ajak ke kantin, ada bakso enak, mumpung aku juga belum coba…..

    Comment by fjr — November 13, 2008 @ 7:30 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

