DewiRakhma^Psy Weblog

December 19, 2008

Ikhwal Pengharaman Buat si Golput

Filed under: News — Tags: , , , — dewisang @ 6:55 am

Negara ini, makin lama makin aneh saja. Setelah Gus Dur mengkampanyekan golput bagi yang tidak memilih dirinya. Eh, sekarang malah Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, yang juga mantan presiden PKS meminta MUI untuk menetapkan fatwa haram bagi orang-orang yang golput dalam pemilu 2009. Fatwa ini penting buat meningkatkan partisipasi politik, katanya. Partisipasi yang tinggi akan menunjukkan tingkat kedewasaan yang makin tinggi dalam berdemokrasi. Padahal, di negara-negara maju yang telah matang demokrasinya, tingkat partisipasinya lebih rendah (Koran Tempo, 17 Des 2008). Mengada-ada kan??…Orang PKS makin aneh ya……
Seperti kita ketahui bersama, bahwa memilih adalah hak, bukan kewajiban. Muridku aja tau yang kelas 2 SD. Rabu kemarin aku memberikan materi tentang hak dan kewajiban dari yang paling sederhana, semoga kelak mereka menjadi manusia yang beradab. Politikus-politikus itu sedemikian cemasnya hingga mencari jalan lewat lembaga keagamaan.. Politisi sendiri memberikan contoh buruk bagi pembelajaran demokrasi di negeri ini. Mereka mencari dukungan MUI demi kepentingan haus akan kekuasaan. Demokrasi kita bukan semakin dewasa tapi makin mundur.
Klo pengen rakyat ga’ golput ya perbaiki dong. Bikin rakyat percaya kalau partai itu bukan pencetak koruptor, bukan kumpulan orang yang pintar bersilat lidah, NATO (no action talk only). Buktikan kalau memang kalian berjuang demi rakyat, dongkrak perolehan suara dengan menyentuh hati rakyat, bukannya malah mencampuradukkan agama dengan kepentingan perut sendiri.
Golput di Indonesia sebenarnya tidak terlalu mencemaskan, meskipun angkanya cenderung meningkat. Dalam Pemilu 1999, yang tidak menggunakan hak pilih 10,40 persen. Pada 2004 meningkat menjadi 23, 34 persen. Persentase ini masih jauh di bawah negara maju yang mencapai 40 persen lebih (Koran Tempo, 17 Des 2008). Klopun, misalnya neh, MUI bilang haram terus kita tetap ga’ nurut emang dosa?

14 Comments »

  1. banyak org pinter, tapi keblinger.org2 mementingkan dirinya sendiri, mencari cari dalil pembenaran,agama cuma sebagai alat.Negeri ini berlimpah sarjana s 1 , s 2, s 3 profesor, jendral dll, tapi ternyata semakin tinggi pddkan cenderung semakin meng akal akali org lain.Kemiskinan terus bertambah, pengangguran bertambah.Pddkan mahal dll dll.

    dewisang,
    itulah yang mesti dibuktikan, yang ga’ sekolah, apalagi yg sekolah, ayo semua mengajak pada kebaikan, klo ga’ bisa ngajak minimal ga’ ikut2…

    Comment by jak — December 19, 2008 @ 9:32 am

  2. makin aneh ya aturannya, banyak bias sana sini. hhhh… makin banyak kebijakan yg di manupulasi mengatasnamakan agama atau lembaganya ya. mudah2an aja bermanfaat bagi orang banyak.. ^_^

    Comment by cantigi™ — December 19, 2008 @ 1:06 pm

  3. salam kenal mbak🙂

    seara logika, perbaikan pemerintahan dan aturan hanya bisa dilakukan dengan adanya pemilu (kita masih memakai sistem demokrasi), sehingga golput memang sangat tidak solutif.

    perihal dimasukkan ke fatwa, saya kurang sependapat. yang diperlukan justru pencerdasan berpolitik.

    dewisang,
    pencerdasan politik dengan cara apa ya?

    Comment by arifrahmanlubis — December 20, 2008 @ 10:01 am

  4. Hmm… ini mengada-ada, masuk kategori bid’ah nggak mbak, kalau kayak gini?

    dewisang,
    bid’ah itu apa??? (he..he….dijitak mbk Yoga). Mbk yoga cantik bgt pake putih

    Comment by Yoga — December 22, 2008 @ 12:36 pm

  5. Aku lebih baik gol – put saja di kolom komentar ini …
    hehehe

    Halo Wi’ apa kabar …
    Salam saya

    dewisang,
    oke Om, Iam fine, om jarang mampir sekarang….ampe sekarang aku masih berdiri neh, tega bgt, tapi kya’nya aku ada ide nih, moga bisa duduk….

    Comment by nh18 — December 23, 2008 @ 1:00 pm

  6. Golput boleh..itu pilihan individu, tapi kalo jadi guru ya jangan terus di sebarkan ke muridnya untuk jadi golput juga, karena pembelajaran politik apalagi di indonesia lagi top demokrasinya (menurutku)sayang kalo hak pilih di sia siakan,secara ni SBY programnya juga bagus, sayang kalu dia tidak bisa melanjutkan programnya krn jika ada presiden baru biasanya programnya lain lagi, ntar KPK di bubarin lagi he..he jika presiden baru biangnya koruptor misalnya

    dewisang,
    iya sih, golput ato ga’ itu hak, terserah, terserah….semoga ada yang pantas aja unutk dipilih..SBY..ya sih boleh juga diberi kesempatan lagi, apalagi sekarang lagi gencar2nya serangan balik buat KPK, dari orang2 yg terancam (tentunya), orang2 senayan seperti kebakaran jenggot, mereka memutar otak, mencari alasan yg rasional (rasionalisasi) agar KPK dibubarin, aku?? SEMANGAT TERUS KPK, MAJU TERUS..

    Comment by djalal — December 23, 2008 @ 3:50 pm

  7. LUBER kita sama2 tahu artinya. tetapi maksudnya memang sekarang multitafsir. Rahasia kok jadi blakblak an…emang tahu siapa yg GolPut, lagian Putih itu simbol kesucian kan…btw, saya mau GolPut atau GolMer atau lainnya, itu juga rahasia…salam

    dewisang,
    waalaikumsalam,
    Pak AR, apa kabar…iya Pak setujuuuuuuuuuu, sekarang semua mau tau aja urusan orang lain, kita dateng tapi ga’ nyoblos, juga who know….semoga aja ada partai yang memang pantas untuk ga’ di Gol-Put-i-assalamualikum

    Comment by Pak AR — December 27, 2008 @ 5:10 pm

  8. salam kenal bukk…golput gak menyelesaikan masalah…kita akan set back tuhhh

    dewisang,
    salam kenal juga….mencoblos juga belum tentu meyelesaikan masalah…tapim gpp yg penting usaha ya mbk, mencoblos kita niati baik aja..oke deh, bungkus…

    Comment by imoe — December 29, 2008 @ 1:05 pm

  9. Aku juga golput!!! golongan insan berkulit putih!!! hahaha (mode narsis:ON)kalo fatwa itu setahuku kalo benar dapat 2 pahala, kalo salah dapat 1 pahala, dan sifat fatwa itu tidak mengikat buat semua orang….au ah!!!

    Comment by Fathy Farhat khan — December 31, 2008 @ 10:47 am

  10. lama gak ksn.. pa kbr?

    dewisang,
    saya juga lama ga’ posting pak, tau neh lagi males….payah…

    Comment by heri — January 6, 2009 @ 12:21 pm

  11. […] Ikhwal Pengharaman Buat si Golput Negara ini, makin lama makin aneh saja. Setelah Gus Dur mengkampanyekan golput bagi yang tidak memilih dirinya. Eh, sekarang malah Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, yang juga mantan presiden PKS meminta MUI untuk menetapkan fatwa haram bagi orang-orang yang golput dalam pemilu 2009. Fatwa ini penting buat meningkatkan partisipasi politik, katanya. Partisipasi yang tinggi akan […] Posted by bebas Uncategorized Subscribe to RSS feed […]

    Pingback by SELAMAT IDUL ADHA (UJIAN SETINGKAT SLTA) — January 12, 2009 @ 6:40 pm

  12. menurutku, mbak dewi belum sepenuhnya mengerti ttg fungsi fatwa MUI. juga tentang hak dan keajiban. fatwa MUI itu tidak mengikat siapapun. dia hanya berfungsi sebagai anjuran dan pedoman bagi siapa aja yang menghormati ulama. bagi sebagian umat islam memilih pemimpin adalah suatu kewajiban, terlalu banyak dalil yang mendukung hal itu. bahkan terlalu banyak ayat yang mengaharuskan umat islam untuk memilih pemimpin yang baik… rupaya hal ini belum sepenuhnya dipahami oleh mayoritas umat islam di negeri ini. untuk itu perlu penjelasan dari MUI terkait perintah memilih pemimpin bagi umat Islam. penjelasan tersebut bisa biasanya berupa fatwa. tetapi fatwa itu tidak mengikat siapapun meski dia bagian dari umat islam yang baik, seperti mbak dewi. mengertilah….

    dewisang,
    ok. ya terima kasih atas infonya, kan aku dan pembaca yang lain jadi tau…oh, ya…mas Asrori temannya Bu A’yun ya…ini aku jawab komen ini sama dia….salam…

    Comment by muhammad asrori ardiansyah — January 18, 2009 @ 1:58 pm

  13. Menurut saya Golput malah gak haram asalkan…🙂. Silahkan simak disini sedikit corat-coret saya ttg golput :

    http://fnoor.wordpress.com/2009/01/31/golput-tidak-haram/

    dewisang,
    terima kasih atas pencerahanny. ya kita harus tau memang asal usul fatwa dan tau isinya dengan jelas. silahkan bagi ansa semua yang butuh pencarahan klik txs for coming

    Comment by fnoor — January 31, 2009 @ 8:17 pm

  14. assalamu alaikum wr. wb.

    Permisi, saya mau numpang posting (^_^)

    http://ulamasunnah.wordpress.com/2008/06/03/menggugat-demokrasi-daftar-isi/
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/03/24/hukum-pemilu-legislatif-dan-presiden/

    sudah saatnya kita ganti sistem, semoga link di atas bisa menjadi salah satu rujukan…

    Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.
    Mohon maaf kalau ada perkataan yang kurang berkenan. (-_-)

    wassalamu alaikum wr. wb.

    Comment by dir88gun — March 28, 2009 @ 10:40 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: