DewiRakhma^Psy Weblog

January 19, 2009

Bayar dengan Uang Pas!

Filed under: News — dewisang @ 7:24 am

Sejak tanggal 15 Januari kemarin pemerintah menurunkan (lagi) harga BBM. Dari 5000 menjadi 4500, seperti sebelum ada kenaikan tahun lalu. Sebelumnya dari 5500 menjadi 5000 , turunnya sudah 1000 . Bersyukur banget, tarif angkot turun (harusnya), sip deh. Sehari aku ngabisin 8500 rupiah buat angkot. Berangkat, turun, naik ojek 2000, naik angkot 1500. Pulang, 2000 angkot, 3000 ojek ampe rumah.

Organdanya sekarang yang rese’, klo BBM naik cepet sekali mereka naikin tarif, eh……gantian turun buat turun aja susah banget, pake bertengkar segala, di media rame kan? Mereka ga’ mau nurunin dengan alasan harga onderdil dan perawatan mesin tetap tinggi, ga’ fair banget. Nah, ini tips buat konsumen angkot, beranikan diri buat nurunin harga sendiri, siapkan uang pas di tas. Klo ga’ ada uang pas, beranikan minta kembalian. Dua hari telah aku buktikan. Hari 1, tanggal 15 aku, Ana, Amel, naik angkot, kita diskusi, “eh bayar berapa nih, bensin dah turun” kata Amel. “oke, bayar 1500, berani ga’?” kataku. “ga’ berani” kata Amel, sambil menggeleng. “Yo wis aku kasih 2000 tapi klo 1500 balikin ya besok” kata Amel… dia kasih 2000 ke Ana, “oke deh”, kata Ana. Dia turun duluan. Abis itu Ana, aku dikasi 1500, terus ku bilang “waduh, nanti klo sopirnya ga’ mau aku yang tekor…, emoh”. Akhirnya, dia kasih 2000, selalu aku yang bayar karena aku yang terakhir turun, dan pertaruhan hidup dan mati sama sopir, mesti berani malu, berani dipelototin kene’…

Akhirnya, bismillah aku kasih 4500, dan berhasil, diterima dengan tulus ikhlas, ga’ pke omelan atau pelototan. Sebelumnya pernah, aku kasih 1500, aku turun pede aja, eh, angkotnya ga’ jalan-jalan, sopirnya panggil-panggil aku, “Mbk, mbk, kurang”, aku ga’ denger dan pura-pura ga’ tau, dan akhirnya penumpang lain manggil aku “Mbk, dipanggil”. Aku balik, ” apa pak?”, kurang 500 Mbk, ya udah aku kasih, padahal klo mobil angkot yang lain (bison) mau, cuma aku males, soalnya luama. Tapi, ada juga bison yang ga’ mau, aku kasih 5000, eh cuma dikasih kembalian 2500, aku bilang “lho, 3500 Pak”. Dia mlengos sambil ngasih 3000.

Kembali ke tanggal 15, angkot sukses, sekarang ojek. Aku beranikan untuk kasih 2500 pas, Alhamdulillah diterima. Tp, ga’ tau terpaksa atau ikhlas. Kaya’nya klo ga’ ikhlas, dia ga’ bakal mau aku ojekin lagi, tp kemungkinannya kecil, karena ojek sekarang buanyauak buanguet, soalnya motor murah, jadi smeua pada jadi tukang ojek, jadi klo 1 ga’ mua, ya nyari 10 yang lain, tp ga’ tau lagi klo semua dikasi tau “eh, klo Dewi yang naik, jangan mau, cuma dikasi 2500” dan semua mau, wah..berabe gue…..bakal jalan kaki neh….

Sekarang, cerita tanggal 16 kemarin. Aku naik sama Ana, uangku 10ribu, dikasih kembalian 6000, aku ya bilang “lho, pak ga’ kurang 1000 ta?”. Dia bilang “waduuh Mbk, kan dari….”, sambil senyum kecut, tapi smabil kasih 1000 lagi….terima kasih Pak Sopir….Yess…terus naik ojek, lain dari yang tanggal 15, aku kasih 2500 pas, dan diterima. Semoga ga’ ada komplain, klo ada ya aku bilang “lho, bensin kan dah turun” okeh……..

12 Comments »

  1. siiipppp
    setuju….
    Organda, kurang fair dengan konsumen… harusnya YLKI udah ngomong di media, masih konsumen yang dirugikan dengan turunnya harga BBM

    dewisang,
    iya, ga’ fair, klo naik aja, cepet2 minta naik, dan seenaknya dinaikkan. ehhh, giliran turun, alesannya macem2. It’s not fair!!!ayo, yang fair dong, coba hitung berapa persen gaji kita habis di angkot…

    Comment by ekoph — January 19, 2009 @ 9:59 am

  2. Hai Dewi…
    Iya nih, di JKT juga sampe skr belum ada keputusan resmi turun ongkos. Dasar organda!

    dewisang,
    turunin sendiri Mang..okeh… tp, orang Batak serem2, aku berani ga’ ya klo di Jkt

    Comment by mang kumlod — January 19, 2009 @ 11:08 am

  3. blogwalking 🙂

    dewisang,
    okeh, tengkyu….

    Comment by fie — January 20, 2009 @ 9:16 am

  4. wahh,bener banget.. harus modal tampang pede en cuek kalo skrg bayar ongkos. kalo bisa mah, uang pas slalu disiapin! hhmpph…kesel!

    dewisang,
    tiap pagi mesti nyari uang receh disebelah tivi, telpon, cepek-an itu dikumpulin Mbk..lumayan dapat 500..he..he…

    Comment by gamma — January 20, 2009 @ 4:08 pm

  5. Wah cerita menarik tuwh..

    Saya juga baru kemaren mengalaminya Mbak cuman saya nurut ajah ma tarif sopir, ga tega Euy…

    dewisang,
    gpp deh klo ga’ tega…

    Comment by bocahbancar — January 20, 2009 @ 10:30 pm

  6. Heheheh …
    Rupanya mereka “rela” juga menurunkan tarif/ongkosnya …

    Salam saya

    dewisang,
    he..he…harus sedikit dipaksa Om, biar aja….meski tampaknya cuma 500, tapi klo dikalikan jadi berapa…hemat om..hemat..

    Comment by nh18 — January 21, 2009 @ 11:19 am

  7. Ayo turunkan ongkos angkutan! 😀

    dewisang,
    semangatttttttt…….

    Comment by achoey — January 22, 2009 @ 10:32 am

  8. mbak dewi, kok aku gak tega yah. biasa naek angkot 2000, ya tak bayar 2000 aja, gak jadi 1500. abis kebanyakan supir angkot dan tukang ojek itu dari kalangan bawah….. mbak, dewi peace…. he…he… 🙂 salam kenal yah…..

    dewisang,
    aku juga ga’ etga liat diriku yang naik angkot tuh mas….

    Comment by kenuzi50 — January 22, 2009 @ 3:34 pm

  9. hmm… setuju nih kayaknya memang mesti ditega2in.. karena saya yakin 100% jika suatu ketika SBY naikin BBM 500rupiah aja.. bisa dijamin angkot pasti naekin tarifnya.. yang padahal ga pernah turun..
    Lagian ada juga loh kantor2 yang nurunin uang transportnya pas kemaren BBM turun..

    dewisang,
    yup, betul, ga’ fair kan….
    waduh..semoga kantorku engga’….

    Comment by Indra Hadi — January 23, 2009 @ 10:07 am

  10. harusnya emang sudah turun.
    karena banyak juga yang kantongnya pas2an an, kayak diriku ini.
    hehehe… dah lama gak mampir neh…

    dewisang,
    oke deh..siiip!ternyata kekhawatiranku ga’ terbukti, meski tarif aku turunin sendiri, ojek tetep nawarin, malah kemarin ojek yang sama, berarti 2500 itu uidah sangat nguntungin, bayangin cuma 2 orang udah dapet 1 liter, kembali 500 pula, padahal aku cuma 2kilo aja, 1 liter bisa buat berapa kilo, waduh..orang2 ini ga’ mikirin peumpang emang.
    jadi sediain uang pas aja deh…

    Comment by sofianblue — January 23, 2009 @ 7:45 pm

  11. turun susah
    naik lebih susah lagi
    hehehe

    EM

    dewisang,
    ya neh, tau’….

    Comment by Ikkyu_san — January 26, 2009 @ 2:45 pm

  12. makanya kalo pas BBM naik ayo demo :mrgreen: soalnya kalo naik gak bisa turun 😛

    dewisang,
    demo? gitu ya…klo demo aku belum pernah ikut…mm, kynya sih cuma dapet capek tp ga’ bakal didenger….

    Comment by hmcahyo — January 29, 2009 @ 9:13 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Blog at WordPress.com.