DewiRakhma^Psy Weblog

December 13, 2008

Berburu PNS

Filed under: Uncategorized — Tags: , , , — dewisang @ 12:24 pm

Berburu PNS

Tanggal 10 kemarin ternyata CPNS se Indonesia to? Iya kah? Aku juga ga’ tau, katanya nih, katanya, kata temanku yang sore hari sms aku, teman lamaku yang dari Mojokerto datang ke Malang karena ikut CPNS. Atau cuma di Malang aja, gw juga ga’ tau dan ga’ tertarik untuk tau, di berita juga ga’ tau, di koran juga ga’ baca. Sempet baca berita di Radar Malang, sekitar beberapa minggu lalu, kalau pengumpulan berkas antrenya
Apa untungnya sih jadi PNS? Kenapa dikejar-kejar, kenapa semua orang pengen jadi PNS? Kenapa kalau PNS dipandang punya martabat lebih tinggi? Banyak yang bilang “eh, dia udah PNS lho”, “eh, gitu-gitu dia PNS lo”. “orang tuanya si A itu lo PNS, si B lo PNS”. Dan semua orang begitu ribut ngurusin berkas CPNS, yang ke RT, RW, lurah, kepolisian. KENAPA SIH?? Sampai segitunyaItu pertanyaan yang masih ada dibenakku sampai sekarang. Aku sendiri??? Terbersit dalam benak aja engga’, aku juga ga’ tau knp, sama sekali aku ga’ pengen jabatan, embel-embel pns…hi…..ga’ tau kaya’ risih, denger aja risih. Apalagi liat orang pake baju coklat-coklat di lengannya ada tulisan DEPARTEMEN DALAM NEGERI, yang pake’ kelihatan banget kalo bangganya setengah mati (terutama yang muda-muda dibawah 35), dari cara berjalan dan melihat orang lain seolah-olah berkata “He..ni lo..gue udah PNS, elu? Heh….”, congkak banget. Apalagi yang berkeliaran di mall sambil pake baju seragam, di jam kantor lagi…..ih..ga’ tau malu banget, digaji pake duit rakyat, kerjaannya bolos, belanja, hura-hura.
kalo’ ga’ ikut CPNS kaya’nya aneh, dan bakal mati. aku sempet ditanya sama temen Bapak, Dewi ga’ daftar? he..he.. engga’..”lho..gimana sih. Pak Dewi ini lo ga’ daftar, eman yo….knp? kemairn kan sudah dikasi tau…” aku cuma cengar-cengir, sama orang tua soalnya. Ada lagi yang tanya, temen bapak juga, sudah daftar CPNS? aku jawab “ga’, ga’ tertarik”.
Kemarin aku sempet diajak Mbk-ku, “Ayo ikut CPNS, siapa tau rejekimu”. Sama Mbkku ditelp suruh ke RT, RW, buat ngurus SKCK (dulu SKKB). Aku bilang iya aja deh, buat menghargai yang udah ngajak. Aku pergi ke RT yang beda sama Mbkkku, jadi ga’ bisa nitip, klo mislanya sama aku kan bisa nitip. aku males ribet. Akhirnya disana ga’ ketemu, ya sudahlah, makin males dan ga’ kulanjutin. Beberapa hari berikutnya Mbkku dah ngurus sampai Kepanjen. Beruntung pula kau punya ornag tua yang sangat demokratis, kitas enua ebbeas emnentukan hidup kita masing-masing, ga’ pernah diharuskan begini-begitu, dan ke3 kakakku ga’ ada yang jadi PNS, Mbkku yang pertama aja yang masih getol, katanya lumayan kan tiap bulan dapet 2 juta. Apa emang iya? klo iya, emang itu bisa dijadikan ukuran kebahagiaan? yah itu memang hak masing-masing orang, dan pilihanmasing-masing.
Klo aku, makin ga’ tertarik itu melihat perilaku ga’ baik oknum-oknum. Kinerjanya buruk, tapi bayarannya mahal, apa bisa puas ya dengan bekerja model begitu? Secara mental juga males-males, liat aja guru-guru negeri, susah diajak maju, males klo disuruh nulis, rajin ikut seminar karena mau ikut sertifikasi, karena memburu sertifikat, terus kinerja baik karena sekolahnya mau ada peninjauan untuk akreditasi…..apalagi kalau mesti mengorbankan murid-murid, ga’ masuk karena ngurus begituan.

Blog at WordPress.com.